Membaca Teks Pidato dengan Intonasi yang Tepat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kemampuan berpidato seseorang akan sangat ditentukan oleh segala aktivitas dalam kesehariannya.Bila ia sering berpidato dan akrab dengan dunia pidato, secara otomatis pidato tidak menjadi asing baginya. Bahkan, sedikit banyak ia mampu berpidato dengan baik. Kualitas pidato seseorang tidak hanya ditentukan oleh isinya, tetapi juga kemampuan dalam menyampaikan isinya dengan penampilan yang maksimal.

Contoh Pidato Bertema Pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar mampu berpidato dengan baik, sebagai berikUT

  1. Lafal atau ucapan yang jelas. Hal ini akan menentukan kejelasan isi pidato
  2. Intonasi yang tepat. Isi pidato sangat ditentukan pula oleh jeda, tekanan, cepat lambat, keras lembutnya suara. Sesuaikan suaramu dengan ukuran ruangan dan mainkanlah nada tinggi rendah dalam pengucapan agar tidak membosankan.
  3. Penghayatan yang baik. Pidato akan memberikan warna, bila penyampaiannya dilakukan dengan penghayatan yang maksimal. Bila Isi pidato seperti di atas dibawakan dengan penuh semangat, akan memancar kepada audiens untuk bangkit, karena terkondisi dengan penghayatan tersebut.
  4. Penampilan. Membawakan pidato di depan banyak orang hendaknya memperhatikan kelayakan sisi, bahasa, dan penampilan. Ketenangan penampilan akan memberikan suasana yang berbeda dibandingkan bila membawakan pidato secara terburu-buru.
  5. Transisi. Perpindahan dari satu topik ke topik lain dapat dilakukan seperti mengucapkan kata ganti sapaan atau berhenti sejenak sebelum memulai topik yang baru, atau boleh dilakukan dengan perubahan sikap.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: